KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong
hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan
Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Sholawat
serta salam semoga tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW dan para sahabatnya,
serta keluarga dan para pengikutnya sampai akhir zaman.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas
ilmu tentang LAANDASAN PENDIDIKAN yang Penyusun sajikan dari berbagai
sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu
yang datang dari diri penyusun maupun
yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan
dari Tuhan akhirnya makalah dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang
lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan
kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Medan, desember 2014
Penyusun
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam
proses belajar setiap siswa harus mempunyai suatu tujuan yang harus dicapai
didalamnya, baik tujuan pendek maupun tujuan jangka penjang yang dapat membuat
diri mereka mempunyai suatu perubahan yang terjadi
setelah mereka mengikuti sebuah proses pendidikan yang diberikan oleh guru
mereka. Seorang guru selayaknya memberkan sebuah dorongan yang harus dapat
memberikan motivasi terhadap diri mereka untuk meningkatkan prestasi didalam
belajar mereka.
Dorongan yang seharusnya diberikan
oleh seorang guru tidak akan dapat merubah sikap/perilaku individu untuk dapat
meningkatkan cara belajar mereka bilamana tidak adanya peran individu
didalamnya, karena semuanya akan mempunyai suatu hubungan yang dapat memberikan
satu nilai temabah dalam meningkatkan prestasi belajar.
Dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa seorang guru mempunyai andil didalamnya yang mana memberikan suatu arahan
untuk dapat bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagaimana untuk
dapat meningkatkan prestasi belajar?Salah satu bentuk untuk meningkatkan
prestasi belajar yaitu dengan memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dengan
adanya motivasi belajar yang dibrikan kepada siswa harapannya dapat untuk meningkatkan
prestasi mereka di sekolah.
Motvasi belajar ini diberikan berupa informasi
yang dapat memberikan suatu nilai positif dalam meningkatkan prestasi belajar
mereka.Bagi mereka yang mempunyai suatu motivasi prestasi dalam belajar akan
membangun suatu aktivitas yang positf. Disini akan diberikan suatu informasi
mengenai bagaimana meningkatkan motivasi dalam belajar yang akan lebih jelas
dijabarkan dihalaman-halaman depan.
LANDASAN
FILOSIFIS PENDIDIKAN
1. Idealisme dan Realisme
a. Konsep Filsafat Umum Idealisme
Para filsuf Idealisme mengklaim bahwa hakikat realitas bersifat spiritual. Hal ini sebagaimana dikemukakan Plato, bahwa dunia yang kita lihat, kita sentuh dan kita alami melalui indera bukanlah dunia yang sesungguhnya, melainkan suatu dunia bayangan (a copy world).
b. Implikasi terhadap Pendidikan
Tujuan pendidikan adalah untuk membantu perkembangan pikiran dan diri pribadi (self) siswa. Sebab itu, sekolah hendaknya menekankan aktifitas-aktifitas intelektual, pertimbangan-pertimbangan moral, pertimbangan-pertimbangan estetis, realisasi diri, kebebasan, tanggungjawab, dan pengendalian diri demi mencapai perkembangan pikiran dan diri pribadi (Callahan and Clark, 1983). Dengan kata lain pendidikan bertujuan untuk membantu pengembangan karakter serta mengembangkan bakat manusia dan kebajikan social” (Edward J.Power, 1982).
2. Realisme
a. Konsep Filsafat Umum
Jika filsuf Idealisme menekankan pikiran, jiwa/spirit/roh sebagai hakikat realitas, sebaliknya para filssuf Realisme bahwa dunia terbuat dari sesuatu yang nyata, substansial dan material yang hadir dengan sendirinya (entity).
b. Implikasi terhada Pendidikan
Tujuan pendidikan. Pendidikan bertujuan agar para siswa dapat bertahan hidup di dunia yang bersifat alamiah, memperoleh keamanan dan hidup bahagia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar